Category Archives: iLearning Media

Tes

Seru Abis ! Training RiJP58

“My First Training”

By : Ahmad Rohyani

Assalamu’alaikum Wr. Wb , perkenalkan nama saya Ahmad Rohyani, bisa di panggil Ahmad namun di social media biasa di panggil ARVI, disini saya sebagai Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi Raharja. Saya masuk ke dalam fakultas “Sistem Informasi” berkonsentrasi pada Bussinees Intelegensi (BI), kemungkinan konsentrasi ini cocok dengan saya yang berminat atau ingin memperdalami ilmu dan strategi dalam berbisnis namun tidak tertinggal dalam perkembangan global.

Sebelum mengikuti training ini, sempat sedikit mengalami masalah di ruang penerimaan mahasiswa baru hahaha baru masuk aja udah bikin masalah ye , akibat smartphone saya yang rusak dan kecerobohan saya, ternyata Training saya itu sudah di laksanakan bahkan sudah selesai seminggu sebelumnya, gak tau kalo ikut kelompok yang RIJP57,

alhasil saya sedikit bingung pada semua lontaran pertanyaan Kak Desy dan Kak Nita saat hari itu (selasa 13/06/).


 

Sempat terdapat sedikit perdebatan, maaf ya kak Desi dan Kak Nita, Akhirnya saya tetap di bolehkan mengikuti Training ini dengan cara saya di masukkan ke dalam kelompok RiJP58 (Alhamdulillah),

Sebelum mengikuti training ini saya benar – benar bingung, karena tidak ada satupun orang yang saya kenali sebelumnya, dengan ke sok kenal dan sok deketnya saya, akhirnya saya menyapa salah satu Mahasiswa baru juga yang bernama Dewa Nyoman (namanya panjang, gue cuma tau segitu) orangnya asik banget, dan tidak lama, saya mulai mengenali satu persatu walau hanya nama panggilannya saja.

Ok, masuk ke pengalaman saya mengikuti Training Ilearning Pertama, saya duduk di barisan kiri bagian depan kursi ke 3, permasalahanpun kembali datang ke saya,  yaitu saya belum Reques Email Raharja (ituloh yang email yang belakangnya @raharja.info) namun ternyata saya tidak sendirian, ada 5 teman lainnya permasalahannya sama dengan saya (yeah ada temennya)  Dengan Bimbingan kak Desi dan Para Instrukturnya ( Kak Nanda & Kak Diky) Permasalahan itu mudah untuk saya lalui.

 

Suasana saat berjalannya Training ini, Santai Tapi Serius terlihat dari ucapan Kak Nanda yang sedang menghadapi skripsi “ Bussinees Intelegensi (BI)” yang berkata “

Kalian Masih Boleh Bertanya kalo kakak masih berdiri, tapi kalo kakak sudah duduk tidak ada yang boleh bertanya lagi

Dengan kalimat itu yang saya pahami adalah,

Semua sesi ada waktunya maka pergunakan waktu itu semaksimal mungkin” (Hemm keren, Anak Bisnisman banget jangan pernah menghilangkan peluang).

Para Instruktur Menjelaskan dengan sangat baik dan mudah untuk di pahami, Semoga Hari pertemuan selanjutnya lancar seperti hari pertama ini, yang penting semuanya Happy.

Kalo gak Happy Ya bawa Happy aja !

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Strategi pengembangan Sistem Informasi di Perusahaan

Assalamualaikum wr wb
STRATEGI PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI

Konsep Pengembangan Sistem Informasi
Pengembangan sistem
system development
merupakan aktivitasmenyusun suatu sistem yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secarakeseluruhan atau memperbaiki sistem yang sudah ada. Pengembangan sistemmenurut Rustono dilakukan dengan merencanakan dan mengembangkanarsitektur sistem in!ormasi organisasi yang terdiri atas komponen-komponen
software
,
hardware
,
brainware
, proses dan prosedur, in!rastruktur, dan standar. Pengembangan sistem in!ormasi menurut oudon dalam didorong oleh faktor eksternal dan !aktor internal. /aktor eksternal adalah !aktor lingkungan organisasi yang mempengaruhi adopsi dandesain sistem. 0eberapa !aktor lingkungan eksternal adalah peningkatan biayatenaga kerja atau sumber daya lain, persaingan dari perusahaan lain dan perubahan regulasi pemerintah $11. Sedangkan faktor internal adalah !aktor institusional organisasi yang mempengaruhi proses adopsi dan desain sisteminformasi. /aktor ini mencakup
value
tata nilai, norma, dan hal-hal penting yangdapat membentuk strategi penting dalam organisasi.
Gambar Tiga PilarPengembangan Management Sistem Informasi
& menjelaskan SS, 4S, dan MS mempunyai fokus yang berbeda namun memiliki keterkaitan yang sangat erat sehingga perubahan pada salah satustrategi akan sangat mempengaruhi strategi yang lain. SS menekankan padahubungan antara in!ormasi dan kebutuhan bisnis organisasi. Fokus padateknologi yang harus dimiliki dan dikembangkan organisasi. MS berorientasi pada teknik manajemen yang akan dipergunakan organisasi.
Information System Strategy (ISS)
SS berkaitan dengan bagaimana mende!inisikan kebutuhan in!ormasiyang mendukung kebutuhan organisasi secara umum, untuk menjamin terjadinya
the flow of information
; yang efektif dan berkualitas. Setiap organisasi memilikikebutuhan informasi yang unik. “eunikan tersebut antara lain terlihat dari $2% jenis dan karakteristik informasi, relevansi in!ormasi yang dihasilkan, kecepatan alir informasi dari satu bagian ke bagian lain dalam organisasi, keakuratan informasi, target nilai ekonomis in!ormasi yang diperoleh,  batasan biaya yang harus dikeluarkan dalam pengolahan informasi, dan struktur para pengguna in!ormasi. 0erdasarkan faktor-faktor keunikan tersebutsistem informasi yang dikembangkan oleh rumah sakit misalnya akan berbedadengan sistem in!ormasi yang dikembangkan oleh bank. 0ahkan sistem informasiyang dikembangkan oleh rumah sakit 8 akan berbeda dengan sistem informasi yang dikembangkan oleh rumah sakit misalnya akan berbedadengan sistem informasi yang dikembangkan oleh bank. Bahkan sistem informasiyang dikembangkan oleh rumah sakit 8 akan berbeda dengan sistem informasiyang dikembangkan oleh rumah sakit adanya keunikan informasi pada setiap organisasi, SS perlumemperhatikan siklus informasi
information cycle
atau siklus pengolahan data
data processing cycles
Siklus in!ormasi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut. Data dari setiapkejadian atau aktivitas diinput, untuk selanjutnya diproses berdasarkan modeltertentu. roses tersebut akan menghasilkan informasi yang berman!aat bagi penerima
level management
sebagai dasar dalam membuat suatu keputusan ataumelakukan tindakan tertentu. “Keputusan atau tindakan tersebut akanmenghasilkan kejadian-kejadian tertentu yang akan digunakan kembali sebagaidata untuk dimasukkan ke dalam model proses, begitu seterusnya.
Information Technology Strategy (ITS),
“omponen utama yang dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah sisteminformasi yang efektif dan efisien adalah teknologi informasi. Teknogi informasimerupakan sebuah domain dari produk-produk hasil perkembangan ilmukomputer dan telekomunikasi. Oleh karena itu menurut sogiyanto berkaitan dengan strategi memilih teknologi sistem komputer
hardware
dan
software
dan teknologi sistem telekomunikasi yang akan digunakan organisasi.ada kenyataannya, saat ini terdapat beragam tipe produk yang berkaitandengan teknologi informasi. /fenomena yang terlihat sehubungan dengan hal iniadalah berlombanya beribu-ribu perusahaan untuk menciptakan produk-produk yang dapat dijadikan standar internasional pada kelasnya masing-masing.0erdasarkan kenyataan ini sudah terlihat, bahwa perusahaan memerlukan strategikhusus paling tidak dalam memilih teknologi mana saja yang akan dibeli dandiman!aatkan agar dapat dikembangkan sistem informasi yang dibutuhkan. 8lasanlain diperlukannya adalah karena adanya suatu resiko tertentu yang akanmenjadi tanggungan perusahaan sehubungan dengan pemilihan suatu teknologitertentu. Menurut ndrajit diperlukan karena alasan berikut.2.perkembangan teknologi informasi sedemikian cepatnya tumbuh secaraeksponensial sehingga usia suatu produk tertentu sangat pendek karenatergantikan dengan versi yang baru yang lebih baik untuk satu jenis kelas produk, terdapat beribu-ribu vendor yangmenjualnya dengan kelebihan dan kekurangan kualitas produk dan pelayanan yang dimiliki.Sistem teknologi informasi terdiri dari ratusan komponen berbeda yangdisatu sisi saling independen, sementara di sisi lain memilikiketergantungan yang sangat tinggi.Perusahaan dapat melihat infrastruktur teknologi informasi ini dari berbagai sudut pendekatan, seperti teknologi informasi sebagai
cost center
,
profit center
,
investment center
, atau
service center
yang masing-masingmemiliki cara penanganan yang berbeda.Teknologi informasi yang dibangun harus secara signifikan menjadiabkebutuhan akan informasi yang telah dide!inisikan pada SS dengancatatan tetap mempertimbangkan keterbatasan perusahaan misalnya biayainvestasi dan kemampuan sumber daya manusia
Information Management Strategy (IMS)
MS berkaitan dengan strategi menentukan orang atau unit organisasi yangakan menangani sistem informasi dalam organisasi. MS menjabarkan strategiorganisasi agar target pembentukan sebuah sistem informasi yang handal denganmenggunakan teknologi in!ormasi yang ada dapat diterapkan secara operasional baik untuk jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang, sejalan dengantumbuhnya organisasi di masa mendatang. Tekanan strategi di sini tidak hanya pada siapa yang akan bertanggung jawab terhadap implementasi sistem in!ormasi,tetapi lebih jauh lagi pada bagaimana sistem yang telah dibangun dapat dipeliharadan dikembangkan di kemudian hari.
Metode Pengembangan Sistem Informasi
Pengembangan sistem informasi dapat dilakukan dengan beberapa cara.Menurut sogiyanto pengembangan sistem in!ormasi dapat dilakukandengan dua cara. Aara pertama adalah pengembangan sistem informasikonvensional dengan menggunakan siklus hidup pengembangan sistem atau
system development life cycle
. Sistem dikembangkan oleh analis sistem,yaitu orang yang memiliki kemampuan mengembangkan sistem cara profesional.pengembangan sistem dilakukan melalui tahapan analisis sistem, perancangansistem, implementasi sistem, dan operasi serta peralatan sistem. Cara kedua adalah dengan menggunakan metode baru yang merupakanmetode alternati! dari metode SDA, sehingga dapat disebut dengan metode-metode alternati! $
alternatif methods
%#engembangan sistem dilakukan dengan membeli paket yang sudah tersedia./aktor-!aktor yang harus diperhatikan dalam memilih paket adalah spesi!ikasi paket yang dibutuhkan, ketersediaan paket, dan hasil evaluasi kemampuan paket.rototyping
Merupakan pengembangan sistem secara bertahap, yaitu denganmengembangkan prototipe sederhana dulu dan ditingkatkan dari waktu ke waktu sampai sistem selesai dikembangkan.
komputing
Pengembangan sistem oleh pemakai sistem dan digunakan oleh pemakaisistem itu sendiri.
Outsourcing
Pengembangan sistem dengan bantuan pihak ke tiga dan sekaligusdioperasikan oleh pihak ketiga. Pemakai sistem dapat menggunakan sistemdengan menerima informasi secara periodik oleh pihak ketiga atau dapatmenggunakan terminal yang dihubungkan ke tempat pihak ketiga yangmengoperasikan sistem.

 

Sekian dan Terimakasih

Wassalamualaikum wr wb

 

Tugas pertanyaan sistem informasi dan jawaban

Assalamualaikum wr.wb

Pertanyaan tentang sistem informasi,

Apa Keuntungan dan kerugian dalam pemakaian sistem informasi ? Keuntungan dan kerugian nya adalah sebagai berikut :

-Keuntungan: Membuat pekerjaan lebih efisien, karena dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin berkembang maka informasi atau  hal lain pun mudah sekali kita dapat kan dengam hanya “genggaman tangan”

-kerugian :Makin majunya sebuah informasi dengan mudah di dapatkan semakin bnayk orang menggunakan secara negative untuk penipuan dan pelanggaran tentang UU IT.

 

Tujuan dari pertanyaan: Agar kita mengetahui apa keuntungan dan kerugian dari sistem informasi tersebut, agar bisa berguna untuk kehidupan sehari-hari kita

Terimakasih sudah membaca

Wassalamualaikum wr.wb

iLearning.me

Mohon maaf untuk ketidak nyamannnya untuk sementara waktu iMe dalam proses penyempurnaan.